Penerapan Tipologi Bangunan Yang Tepat

Tipologi bangunan secara sederhana bisa diterjemahkan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengelompokkan bentuk-bentuk dan dalam kasus tipologi bangunan. Bentuk-bentuk yang dipelajari merupakan bentuk dari bangunan atau objek arsitektur itu sendiri. Jadi, secara singkat, Tipologi bangunan adalah ilmu mengenai pengelompokkan bentuk bangunan.

Tipologi bangunan Masjid misalnya. Mulai dari denah (kebutuhan ruang dan zonasi ruang), arah hadap bangunan, hingga ornamen pelengkap bangunan seperti menara dan kubah hampir bisa dilihat pada setiap bangunan Masjid. Dengan tipologi bangunan seperti ini, sangat mudah mengenali bangunan Masjid meski tanpa terdapat signage atau tulisan yang menamakan bangunan tersebut sebagai bangunan Masjid.

Pada tipologi bangunan hunian atau rumah tinggal, tipologi bangunan bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan keadaan dari tapak itu sendiri. Contohnya pada daerah pedesaan, hunian atau rumah pedesaan cenderung tidak bertingkat dan luas secara vertikal. Sedangkan pada daerah perkotaan hunian rata-rata bertingkat dan dibangun secara horizontal. Hal ini dipengaruhi akan kebutuhan dan ketersediaan akan lahan yang berbeda pada lingkungan pedesaan dan perkotaan.

penerapan Tipologi bangunan
youtube.com

Tipologi bangunan hunian juga bisa dipengaruhi oleh keadaan iklim dan cuaca. Pada rumah-rumah yang berada di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia misalnya, atap dari hunian rata-rata berbentuk atap limas atau joglo guna memastikan air hujan mengalir dengan lancar dan tak tergenang hingga mengakibatkan kebocoran.

Di negara-negara beriklim dingin, atap rumah lebih banyak berbentuk dome atau kubah untuk meminimalisir menumpuknya salju pada bagian atas bangunan.

penerapan Tipologi bangunan
google.com

Selain itu, sesuai yang dijabarkan oleh Rafael Moneo, tipologi bangunan juga bisa dipengaruhi adat dan budaya atau langgam arsitektur tertentu. Tipologi bangunan pada rumah adat masyarakat Sunda bisa saja berbeda dengan masyarakat Batak. Begitupun tipologi bangunan di Indonesia secara umum bisa saja berbeda dengan tipologi bangunan yang ditemui di negara-negara benua Afrika.

Itulah penjabaran singkat mengenai penerapan tipologi bangunan dalam membantumu mewujudkan rumah impian terbaik yang paling pas untuk kebutuhan.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×