Hal yang Harus Diperhatikan Dari Rumah Tahan Gempa

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Di beberapa negara sering terjadi gempa, entah itu gempa ringan maupun gempa berat. Kondisi bangunan harus dibuat sekuat mungkin sehingga bisa menahan guncangan gempa yang terjadi. Jika kamu hendak membuat rumah yang tahan gempa, berikut ini hal yang harus di perhatikan untuk membuat rumah tahan gempa. Simak artikelnya di bawah ini.

Struktur Konstruksi

Struktur konstruksi rumah termasuk salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi ketahanan rumah. Mengingat struktur rumah yang tahan gempa haruslah punya tingkat fleksibilitas tinggi, jadi bisa menyalurkan gaya inersia gempa ke pondasi dan tanah.

Struktur Pondasi

Bukan cuma struktur konstruksi, pondasi juga tak kalah penting dalam membuat rumah yang tahan gempa. Karena itu sebaiknya agar tahan gempa, bangunan rumah pun dibangun di atas tanah yang mempunyai permukaan keras. Kedalamannya pun harus dipertimbangkan dengan baik. Karena agar rumah tersebut lebih aman dan kuat, pondasi harus berada minimum di kedalaman 60 – 75cm.

Pilihan Material Bangunan

Agar bangunan tersebut tahan gempa, Kamu juga harus pastikan bangunan tersebut menggunakan material yang tepat dan kuat. Misalnya dengan menggunakan komponen beton yang memiliki komposisi pasir, air serta semen yang takarannya pas untuk mengurangi resiko terjadinya retakan. Dengan komposisi material yang tepat, bangunan juga lebih kuat dan tak rentan retak saat gempa terjadi.

Selain material untuk pondasi dan bangunan yang tepat, Kamu pun harus memastikan komponen pendukung untuk rumah juga menggunakan material yang tepat. Akan lebih baik jika material tersebut sifatnya ringan dan tak terlalu berat, misalnya dengan menggunakan bata ringan. Jadi dengan beban bangunan yang tak terlalu berat, pondasi bangunan pun lebih dapat menahan dan meminimalisir kemungkinan bangunan runtuh karena efek gempa yang terjadi.

Perhatikan Furniture

Meski tak langsung berkaitan dengan konstruksi bangunan, tapi furnitur juga sebaiknya diperhatikan. Misalnya dengan lokasi penempatan furnitur di dalam rumah yang tak menghalangi jalan untuk menyelematkan diri saat gempa terjadi. Furnitur seperti meja yang kuat dan stabil juga dapat digunakan untuk berlindung saat gempat terjadi, demi meminimalkan kemungkinan yang tak diinginkan akibat gempa.

Bagaimana dengan hal-hal di atas? Semoga bisa membantu kamu dalam membuat rumah tahan gempa. Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *