Velcro, Benda Familiar yang Banyak Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Velcro, Benda Familiar yang Banyak Manfaatnya. Kita mungkin sudah tidak asing dengan benda yang satu ini, namun tidak familiar dengan namanya yaitu velco. Velco merupakan nama perekat bahan yang bisa dibuka dan pasang dengan mudah. Benda ini umumnya dapat ditemukan pada produk fashion seperti baju, tas, dan sebagainya untuk merekatkan kedua permukaan. Untuk lebih tau lebih lengkap, simak ulasannya dibawah ini :

velcro
pinterest.com

Apa itu Velcro

Velcro adalah perangkat populer untuk menyatukan dua permukaan benda, umumnya yang berbahan kain. Kata velcro diambil dari bahasa Perancis yaitu velours dan crochet yang memiliki arti “kait”. Perangkat ini diciptakan oleh insinyur listrik asal Swiss, George de Mestral pada tahun 1948. Kemudian diperkenalkan secara komersial pada tahun 1950-an.

Velcro berbentuk kain lembaran dengan serat khusus dengan bentuk persegi panjang. Tapi saat ini sudah ada banyak bentuknya, seperti lingkaran atau persegi. Begitu pula dengan warnanya yang lebih beragam sehingga tampilannya bisa menyatu dengan warna kain utama.

Cara Kerja 

Cara kerja velcro adalah saling merekatkan, tanpa bantuan alat lain. Ia terdiri dari 2 komponen, yaitu 1 lembaran yang lembut dan 1 lembaran yang kasar terbuat dari benang kasar bentuk lingkaran atau kotak. Lembaran kasar ini berfungsi sebagai pengait kecil.

Kedua komponen tadi dipasang secara berlawanan dengan cara menjahit bagian pinggirnya. Ketika disatukan, permukaan lembaran yang lembut akan terikat pada lembaran yang kasar. Rekatan ini bisa dibuka-pasang dengan mudah berkali-kali. Kekuatannya dipengaruhi oleh bahan pembuatan dan besar benar kasar yang bertugas sebagai pengaitnya.

Keunggulan Velcro

Dilihat dari karakteristik dan fungsinya, sebenarnya ada produk lain yang memiliki bahan yang mirip, seperti magnet dan kancing. Tapi velcro tetap populer dan digunakan banyak orang. Pasalnya, ada beberapa aspek yang membuatnya lebih unggul yaitu pemasangan mudah, mudah digunakan, sifatnya fleksibel, dan tidak menimbulkan bahaya. 

Manfaat Velcro

Velcro banyak dimanfaatkan sebagai material untuk menyatukan 2 permukaan yang sejenis dengan kancing dan kait. Dalam kehidupan sehari-hari, inilah beberapa contoh pemanfaatan bahan ini yang tidak terbatas untuk kain saja.

  • Merekatkan baju
  • Mengatur lingkar topi
  • Alternatif pengait sepatu, menggantikan hook dan tali
  • Merekatkan cover kantong pada tas
  • Organizer kabel
  • Pengikat tirai
  • Perekat cushion agar tertata rapi di atas sofa
  • Perekat karpet agar tidak mudah bergeser dari permukaan lantai

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×